Fakta Mengetahui Cost Per Click Yang Perlu Dipahami

cost per click google ads

Google menyediakan pintu terluas bagi pengembang atau pemilik situs web untuk beriklan di situs mereka. Masalahnya adalah apakah iklan bisa dibilang efektif? Jawabannya tidak pasti. Pertama, ada banyak iklan di Google, jadi Anda benar-benar perlu mengetahui seluk beluk iklan. Kedua, Anda perlu strategi khusus untuk mendapatkan banyak pengunjung. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk beriklan adalah melalui Biaya Per Klik (CPC). Jangan khawatir, artikel ini akan membahas seluk beluk CPC cost per click dan bagaimana uang kita diinvestasikan di Google tidak akan sia-sia. Dengarkan di sini, ya.

Mengapa Anda perlu melakukan Cost Per Click (CPC)?

cost per click (cpc)

Salah satu alasan utama mengapa Anda perlu mempertimbangkan untuk melakukan CPC adalah bahwa target pasar Anda lebih sempurna daripada iklan lainnya. Misalnya, jika Anda melakukan iklan CPC di Google, mereka akan memungkinkan Anda memilih target, lokasi, usia, atau lebih spesifik lagi hobi dari audiens target. Dengan begitu, CPC akan lebih efektif karena sesuai dengan target pasar Anda.

Selain target, CPC juga akan membuat anggaran Anda lebih terkontrol, karena biasanya CPC dilakukan sesuai anggaran. Misalnya untuk CPC di Google, Anda akan diminta mengisi anggaran, misalnya Anda menulis 1 juta rupiah. Jadi, iklan Anda akan muncul sesuai dengan anggaran yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Bahkan sekarang Google bisa lebih spesifik, misalnya untuk sehari Anda bisa keluar sekitar 100 ribu rupiah, untuk minggu depan.

Berbagai Jenis CPC

Sekarang masuk ke berbagai jenis CPC. Apa itu CPC dan CPC mana yang cocok untuk situs web Anda. Berikut ini adalah ulasan singkat.

  • Cari iklan

Pertama, ada iklan pencarian. Ini adalah CPC yang paling cocok untuk pemula dan CPC paling populer. Google CPC atau AdWords adalah salah satu platform paling favorit. Selain sangat ramah pengguna, Google juga memungkinkan Anda melakukan target pasar sedetail mungkin. Mulai dari usia, lokasi, preferensi, hingga kebiasaan pengguna dapat menjadi sasaran di pasar. Jika Anda bingung tentang apa itu CPC Google AdWords, Anda dapat mencari kata kunci “Latih” di Google. Jadi, di atas semua iklan adalah menggunakan Google Adwords. Jadi, bagi Anda yang ingin mempelajari tentang CPC, Google AdWords adalah hal yang paling tepat.

cost per click google ads

  • Pemasaran media sosial

Berikutnya adalah pemasaran media sosial https://celeroo.com/. Hal yang membedakan pemasaran media sosial dari iklan pencarian, adalah platform. Jika iklan pencarian berfokus pada platform mesin pencari, maka pemasaran media sosial berfokus pada media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Bagi Anda yang fokus menjual di media sosial, sebaiknya gunakan pemasaran media sosial. Facebook adalah platform yang sangat memudahkan pengguna baru dengan semua fasilitas yang ditawarkan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang CPC yang sangat berguna untuk pengembangan situs web dan juga keuntungan Anda. Sebagai kiat bagi Anda yang baru saja terjun ke dunia pemasaran digital, jangan menghabiskan terlalu banyak untuk iklan. Alokasikan dana 500 ribu rupiah selama 1-2 bulan sambil mencari formula yang tepat. Setelah mengetahui rumusnya, Anda dapat mulai menambahkan alokasi hingga 1 juta rupiah sebulan. Semoga berhasil!