Cara Melihat Versi PHP: Panduan Lengkap untuk Pemula

PHP adalah bahasa pemrograman yang populer dan sering digunakan untuk pengembangan web. Sebagai seorang pengembang web, penting untuk mengetahui versi PHP yang Anda gunakan, karena ini dapat mempengaruhi kinerja dan keamanan situs web Anda. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat versi PHP yang sedang berjalan di server Anda.

Sebelum kita mulai, mari kita bahas mengapa mengetahui versi PHP itu penting. Versi PHP yang lebih lama mungkin memiliki kerentanan keamanan yang diketahui, sehingga Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan versi PHP yang terbaru dan mendapatkan pembaruan keamanan yang diperlukan. Selain itu, beberapa fitur dan fungsi PHP baru mungkin tidak tersedia dalam versi yang lebih lama, sehingga mengetahui versi PHP yang Anda gunakan akan membantu Anda dalam pengembangan dan pemeliharaan situs web Anda.

Melalui File phpinfo()

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk melihat versi PHP adalah dengan menggunakan fungsi phpinfo(). Fungsi ini akan menampilkan informasi detail tentang konfigurasi PHP pada server Anda, termasuk versi yang sedang berjalan.

Untuk menggunakan fungsi phpinfo(), buatlah file PHP baru dan tambahkan baris berikut:

Kemudian simpan file tersebut dengan ekstensi .php dan akses melalui browser Anda. Anda akan melihat halaman yang menampilkan semua informasi tentang konfigurasi PHP, termasuk versi yang sedang berjalan.

1. Membuat File phpinfo()

Untuk membuat file phpinfo(), buka editor teks favorit Anda dan buat file baru dengan ekstensi .php, misalnya info.php. Selanjutnya, tambahkan baris berikut ke file tersebut:

Simpan file tersebut dan pindahkan ke folder root situs web Anda. Setelah itu, buka browser Anda dan akses file tersebut melalui URL seperti http://www.namasitusweb.com/info.php. Anda akan melihat halaman phpinfo() yang menampilkan semua informasi tentang konfigurasi PHP, termasuk versi yang sedang berjalan.

2. Membaca Informasi phpinfo()

Setelah Anda mengakses halaman phpinfo(), Anda akan melihat banyak informasi tentang konfigurasi PHP. Namun, yang paling penting adalah bagian “PHP Version”. Di sana, Anda akan melihat versi PHP yang sedang berjalan di server Anda. Informasi lain yang mungkin berguna adalah direktori konfigurasi PHP, modul yang diaktifkan, dan pengaturan server lainnya.

Anda juga dapat menggunakan fungsi phpinfo() untuk melihat informasi lainnya, seperti direktori ekstensi yang dimuat, pengaturan PHP, dan pengaturan server. Gunakan informasi ini dengan bijak untuk memahami dan memecahkan masalah yang mungkin timbul dalam pengembangan atau pemeliharaan situs web Anda.

3. Keuntungan Melalui File phpinfo()

Menggunakan file phpinfo() memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ini adalah metode yang mudah dan cepat untuk melihat versi PHP yang sedang berjalan di server Anda. Anda hanya perlu membuat file baru dan mengaksesnya melalui browser Anda.

Kedua, halaman phpinfo() juga memberikan informasi detail tentang konfigurasi PHP, yang dapat sangat berguna dalam pemecahan masalah dan pemeliharaan situs web. Anda dapat melihat pengaturan server, direktori ekstensi yang dimuat, dan banyak lagi.

Terakhir, halaman phpinfo() dapat membantu Anda memastikan bahwa versi PHP yang Anda gunakan memiliki pembaruan keamanan yang diperlukan. Anda dapat memeriksa apakah versi PHP yang Anda gunakan termasuk dalam daftar pembaruan keamanan terbaru atau tidak. Jika tidak, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memperbarui versi PHP Anda untuk menjaga keamanan situs web Anda.

Melalui Command Line Interface (CLI)

Jika Anda memiliki akses ke command line interface (CLI) pada server Anda, Anda juga dapat melihat versi PHP dengan menggunakan perintah berikut:

php -v

Setelah menjalankan perintah tersebut, Anda akan melihat informasi tentang versi PHP yang sedang berjalan.

1. Menggunakan Command Line Interface

Untuk menggunakan command line interface (CLI), buka terminal atau command prompt pada komputer Anda. Kemudian, ketikkan perintah php -v dan tekan Enter. Anda akan melihat informasi tentang versi PHP yang sedang berjalan di server Anda.

2. Keuntungan Melalui Command Line Interface

Menggunakan command line interface (CLI) untuk melihat versi PHP memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ini adalah metode yang cepat dan efisien. Anda hanya perlu menjalankan satu perintah dan Anda akan langsung melihat informasi tentang versi PHP yang sedang berjalan.

Kedua, CLI dapat digunakan bahkan jika Anda tidak memiliki akses ke lingkungan grafis atau browser. Ini sangat berguna jika Anda sedang bekerja pada server jarak jauh melalui SSH (Secure Shell) atau akses remote lainnya.

Terakhir, menggunakan CLI memungkinkan Anda untuk melihat versi PHP dengan lebih terinci dan mendapatkan informasi tambahan seperti pengaturan PHP, direktori ekstensi yang dimuat, dan pengaturan server lainnya.

Melalui Control Panel Hosting

Jika Anda menggunakan layanan hosting yang menyediakan control panel seperti cPanel atau Plesk, Anda dapat dengan mudah melihat versi PHP melalui antarmuka pengguna control panel tersebut. Biasanya, ada bagian khusus yang menampilkan informasi tentang versi PHP yang sedang digunakan pada server.

1. Masuk ke Control Panel Hosting

Untuk menggunakan control panel hosting, buka browser Anda dan masukkan URL control panel hosting Anda. Kemudian, masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk ke akun hosting Anda. Setelah masuk, Anda akan melihat antarmuka pengguna control panel hosting.

2. Temukan Informasi Versi PHP

Di antarmuka pengguna control panel hosting, cari bagian yang menampilkan informasi tentang versi PHP yang sedang digunakan. Biasanya, ini dapat ditemukan di bagian “Pengaturan PHP” atau “Pengaturan Server”. Di sana, Anda akan melihat informasi tentang versi PHP yang sedang berjalan di server Anda.

3. Keuntungan Melalui Control Panel Hosting

Menggunakan control panel hosting untuk melihat versi PHP memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ini adalah metode yang mudah dan nyaman. Anda hanya perlu masuk ke akun hosting Anda dan mencari informasi versi PHP di antarmuka pengguna control panel hosting.

Kedua, control panel hosting biasanya memberikan informasi tambahan tentang konfigurasi PHP, seperti pengaturan PHP, direktori ekstensi yang dimuat, dan pengaturan server lainnya. Ini dapat sangat berguna dalam pengembangan dan pemeliharaan situs web.

Terakhir, menggunakan control panel hosting memungkinkan Anda untuk mengelola pengaturan PHP dan konfigurasi server lainnya dengan mudah. Anda dapat mengubah versi PHP, mengaktifkan atau menonaktifkan modul PHP, dan melakukan pengaturan lainnya sesuai kebutuhan Anda.

Melalui File Error Log

File error log pada server Anda juga dapat memberikan informasi tentang versi PHP yang sedang berjalan. File ini biasanya disimpan di direktori tertentu, tergantung pada konfigurasi server Anda. Anda dapat mencari file error log dan membukanya untuk melihat informasi terkait versi PHP.

1. Mencari File Error Log

Untuk mencari file error log, Anda perlu mengakses server Anda melalui SSH (Secure Shell) atau akses remote lainnya. SetelahAnda berhasil masuk ke server, buka terminal atau command prompt dan ketik perintah berikut untuk mencari file error log:

  • Jika Anda menggunakan sistem operasi Linux atau macOS, ketik perintah berikut: sudo find /var/log -name "error_log"
  • Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, ketik perintah berikut: dir /s /b %SystemDrive%\xampp\apache\logs\error.log

Perintah ini akan mencari file error log dengan nama “error_log” di direktori yang relevan pada server Anda. Jika file error log tidak ditemukan, kemungkinan server Anda menggunakan konfigurasi yang berbeda, dan Anda perlu mencari informasi lebih lanjut atau berkonsultasi dengan penyedia hosting Anda.

2. Membaca File Error Log

Setelah Anda menemukan file error log, gunakan editor teks favorit Anda untuk membukanya. File error log biasanya berisi catatan tentang kesalahan dan masalah yang terjadi di server. Di antara catatan-catatan tersebut, Anda akan menemukan informasi tentang versi PHP yang sedang berjalan.

Cari baris yang berisi informasi tentang PHP atau versi PHP. Biasanya, baris tersebut akan diawali dengan kata “PHP” atau “PHP Version”. Di samping kata tersebut, Anda akan melihat versi PHP yang sedang berjalan di server Anda.

Perlu dicatat bahwa file error log mungkin berisi banyak catatan dan informasi lainnya yang tidak terkait dengan versi PHP. Jadi pastikan untuk mencari dan membaca dengan cermat untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan.

3. Keuntungan Melalui File Error Log

Melihat versi PHP melalui file error log memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ini adalah metode alternatif jika Anda tidak dapat menggunakan metode-metode sebelumnya, seperti phpinfo() atau command line interface.

Kedua, file error log menyediakan catatan tentang kesalahan dan masalah yang terjadi di server. Dengan membaca file error log secara berkala, Anda dapat mengidentifikasi dan memecahkan masalah yang mungkin timbul dalam pengembangan atau pemeliharaan situs web Anda.

Terakhir, melalui file error log, Anda juga dapat melihat informasi lain tentang konfigurasi server, kesalahan PHP yang terjadi, dan informasi lain yang dapat membantu dalam pemecahan masalah dan pemeliharaan situs web Anda.

Melalui Pengaturan PHP di WordPress

Jika Anda menggunakan platform WordPress, Anda dapat melihat versi PHP melalui pengaturan di dashboard WordPress. Masuk ke dashboard WordPress Anda, kemudian navigasikan ke “Alat” dan pilih “Layanan Pemantauan”. Di sana, Anda akan melihat informasi tentang versi PHP yang sedang digunakan.

1. Masuk ke Dashboard WordPress

Untuk masuk ke dashboard WordPress, buka browser Anda dan masukkan URL situs web Anda diikuti dengan “/wp-admin”. Misalnya, jika URL situs web Anda adalah “http://www.namasitusweb.com”, maka masukkan “http://www.namasitusweb.com/wp-admin” di browser Anda.

Setelah itu, masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk ke dashboard WordPress.

2. Navigasikan ke “Alat” dan “Layanan Pemantauan”

Setelah masuk ke dashboard WordPress, navigasikan kursor Anda ke menu “Alat” di sebelah kiri. Setelah itu, klik “Layanan Pemantauan”.

3. Temukan Informasi Versi PHP

Di halaman “Layanan Pemantauan”, Anda akan melihat informasi tentang versi PHP yang sedang digunakan. Biasanya, versi PHP akan ditampilkan di bawah bagian “Informasi Sistem”.

4. Keuntungan Melalui Pengaturan PHP di WordPress

Melihat versi PHP melalui pengaturan di dashboard WordPress memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ini adalah metode yang mudah dan nyaman. Anda hanya perlu masuk ke dashboard WordPress Anda dan mencari informasi versi PHP di bagian “Layanan Pemantauan”.

Kedua, melalui pengaturan di dashboard WordPress, Anda juga dapat melihat informasi lain tentang konfigurasi PHP, seperti ekstensi yang diaktifkan dan pengaturan server lainnya. Ini dapat membantu Anda dalam pemecahan masalah dan pemeliharaan situs web Anda.

Terakhir, menggunakan pengaturan di dashboard WordPress memungkinkan Anda untuk melihat informasi versi PHP dengan konteks WordPress. Ini berarti Anda juga dapat memeriksa kecocokan versi PHP dengan versi WordPress yang Anda gunakan dan menyesuaikannya jika diperlukan.

Melalui FTP Client

Jika Anda memiliki akses ke server melalui FTP (File Transfer Protocol), Anda dapat melihat versi PHP dengan membuka file php.ini pada direktori root situs web Anda. Cari baris yang mengandung direktif “PHP Version” untuk melihat versi PHP yang sedang berjalan.

1. Menghubungkan ke Server melalui FTP

Untuk menghubungkan ke server melalui FTP, buka FTP client favorit Anda dan masukkan informasi kredensial FTP yang diberikan oleh penyedia hosting Anda. Biasanya, Anda akan memerlukan alamat server FTP, nama pengguna, dan kata sandi.

Setelah Anda berhasil terhubung, Anda akan melihat struktur direktori situs web Anda di panel FTP client.

2. Mencari dan Membuka File php.ini

Di panel FTP client, navigasikan ke direktori root situs web Anda. Biasanya, ini adalah direktori utama di mana file-file situs web Anda disimpan.

Cari file dengan nama “php.ini” di direktori root situs web Anda. Jika file ini tidak ada, kemungkinan Anda menggunakan konfigurasi server yang berbeda, dan Anda perlu mencari informasi lebih lanjut atau berkonsultasi dengan penyedia hosting Anda.

Setelah Anda menemukan file php.ini, buka file tersebut dengan editor teks favorit Anda.

3. Cari Baris “PHP Version”

Dalam file php.ini, cari baris yang mengandung direktif “PHP Version”. Biasanya, baris tersebut akan terlihat seperti ini:

PHP Version = 7.4.12

Pada contoh di atas, versi PHP yang sedang berjalan adalah 7.4.12. Versi PHP Anda mungkin berbeda tergantung pada konfigurasi server Anda.

4. Keuntungan Melalui FTP Client

Melihat versi PHP melalui FTP client memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ini adalah metode yang dapat digunakan jika Anda memiliki akses ke server melalui FTP.

Kedua, menggunakan FTP client memungkinkan Anda untuk menelusuri struktur direktori situs web Anda dan membuka file seperti php.ini dengan mudah. Ini memudahkan Anda dalam melihat dan mengedit file-file konfigurasi pada server Anda.

Terakhir, melalui file php.ini, Anda juga dapat melihat dan mengedit pengaturan PHP lainnya, seperti batasan memori, batasan waktu eksekusi, dan pengaturan lainnya yang mungkin mempengaruhi kinerja dan keamanan situs web Anda.

Melalui Console JavaScript

Jika Anda ingin melihat versi PHP saat mengakses situs web, Anda dapat menggunakan console JavaScript di browser Anda. Buka situs web Anda, lalu buka konsol JavaScript dengan menekan F12 atau klik kanan dan pilih “Inspect Element”. Di konsol JavaScript, masukkan perintah berikut:

console.log(phpversion());

Setelah menjalankan perintah tersebut, Anda akan melihat versi PHP yang sedang berjalan di konsol JavaScript.

1. Membuka Console JavaScript

Untuk membuka console JavaScript, buka situs web Anda di browser favorit Anda. Setelah itu, tekan F12 pada keyboard Anda atau klik kanan di halaman web dan pilih “Inspect Element”.

Di jendelainspector, pilih tab “Console”. Di sana, Anda akan melihat konsol JavaScript yang siap digunakan.

2. Menjalankan Perintah console.log()

Setelah membuka console JavaScript, masukkan perintah berikut:

console.log(phpversion());

Setelah Anda menekan Enter, Anda akan melihat versi PHP yang sedang berjalan di konsol JavaScript. Ini akan membantu Anda mengetahui versi PHP saat mengakses situs web Anda.

3. Keuntungan Melalui Console JavaScript

Melihat versi PHP melalui console JavaScript memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ini adalah metode yang sederhana dan cepat. Anda hanya perlu membuka konsol JavaScript dan menjalankan perintah console.log(phpversion()); untuk melihat versi PHP yang sedang berjalan.

Kedua, menggunakan console JavaScript memungkinkan Anda untuk melihat versi PHP secara real-time saat mengakses situs web Anda. Ini berguna jika Anda ingin memverifikasi versi PHP yang digunakan oleh pengunjung situs web Anda.

Terakhir, melalui console JavaScript, Anda juga dapat menjalankan perintah-perintah JavaScript lainnya untuk memeriksa atau memanipulasi informasi lain yang terkait dengan versi PHP atau situs web Anda secara keseluruhan.

Melalui Plugin WordPress

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda juga dapat menggunakan plugin khusus yang dapat menampilkan informasi tentang versi PHP. Cari dan pasang plugin “Display PHP Version” dari direktori plugin WordPress. Setelah diaktifkan, plugin ini akan menampilkan versi PHP yang sedang digunakan di dashboard WordPress Anda.

1. Menginstal Plugin “Display PHP Version”

Untuk menginstal plugin “Display PHP Version”, masuk ke dashboard WordPress Anda. Navigasikan ke menu “Plugin” dan klik “Tambah Baru”. Di halaman “Tambah Plugin”, cari plugin dengan kata kunci “Display PHP Version”.

Setelah menemukan plugin, klik tombol “Pasang Sekarang” di bawahnya. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi selesai.

2. Mengaktifkan Plugin “Display PHP Version”

Setelah proses instalasi selesai, klik tombol “Aktifkan” untuk mengaktifkan plugin “Display PHP Version”. Setelah diaktifkan, plugin ini akan langsung menampilkan versi PHP yang sedang digunakan di dashboard WordPress Anda.

3. Keuntungan Melalui Plugin WordPress

Menggunakan plugin “Display PHP Version” memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ini adalah metode yang mudah dan cepat. Anda hanya perlu menginstal dan mengaktifkan plugin, dan versi PHP akan langsung ditampilkan di dashboard WordPress Anda.

Kedua, melalui plugin WordPress, Anda tidak perlu pergi ke halaman phpinfo() atau mengakses pengaturan server lainnya untuk melihat versi PHP. Informasi versi PHP dapat dengan mudah diakses dari dashboard WordPress yang familiar bagi pengguna WordPress.

Terakhir, plugin “Display PHP Version” juga dapat memberikan informasi tambahan tentang konfigurasi PHP dan pengaturan server lainnya. Dengan plugin ini, Anda dapat memiliki gambaran yang lebih lengkap tentang lingkungan PHP di situs web WordPress Anda.

Melalui PHP Shell

Jika Anda memiliki akses ke server melalui PHP shell, Anda dapat melihat versi PHP dengan menjalankan perintah berikut:

php -r 'echo PHP_VERSION;'

Setelah menjalankan perintah tersebut, Anda akan melihat versi PHP yang sedang berjalan.

1. Mengakses PHP Shell

Untuk mengakses PHP shell, buka terminal atau command prompt pada komputer Anda. Selanjutnya, ketikkan perintah berikut:

php -a

Setelah Anda menekan Enter, Anda akan masuk ke PHP shell dan dapat menjalankan perintah PHP langsung dari terminal atau command prompt.

2. Menjalankan Perintah echo PHP_VERSION

Setelah Anda masuk ke PHP shell, ketikkan perintah berikut:

echo PHP_VERSION;

Setelah Anda menekan Enter, Anda akan melihat versi PHP yang sedang berjalan di terminal atau command prompt. Ini akan membantu Anda mengetahui versi PHP saat mengakses server melalui PHP shell.

3. Keuntungan Melalui PHP Shell

Melihat versi PHP melalui PHP shell memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ini adalah metode yang dapat digunakan jika Anda memiliki akses ke server melalui PHP shell.

Kedua, menggunakan PHP shell memungkinkan Anda untuk menjalankan perintah PHP langsung dari terminal atau command prompt. Ini memudahkan Anda dalam memeriksa dan memanipulasi informasi terkait dengan versi PHP atau situs web Anda secara langsung dari command line.

Terakhir, melalui PHP shell, Anda juga dapat menjalankan perintah-perintah PHP lainnya untuk memeriksa atau memanipulasi informasi lain yang terkait dengan versi PHP atau situs web Anda secara keseluruhan.

Melalui Pemrograman PHP

Terakhir, jika Anda ingin melihat versi PHP melalui kode PHP, Anda dapat menggunakan fungsi phpversion(). Berikut adalah contoh penggunaannya:

$versi = phpversion();echo "Versi PHP yang sedang berjalan adalah: " . $versi;

Setelah menjalankan kode di atas, Anda akan melihat versi PHP yang sedang berjalan ketika halaman web Anda diakses.

1. Membuat File PHP

Untuk menggunakan metode ini, buka editor teks favorit Anda dan buat file PHP baru dengan ekstensi .php, misalnya versi.php. Selanjutnya, tambahkan kode berikut ke file tersebut:

Simpan file tersebut dan pindahkan ke folder root situs web Anda. Setelah itu, akses file tersebut melalui browser Anda. Anda akan melihat versi PHP yang sedang berjalan ditampilkan di halaman web.

2. Keuntungan Melalui Pemrograman PHP

Melihat versi PHP melalui pemrograman PHP memiliki beberapa keuntungan. Pertama, ini adalah metode yang fleksibel dan dapat disesuaikan. Anda dapat menambahkan kode tersebut ke halaman web apa pun di situs web Anda dan menampilkan versi PHP sesuai kebutuhan Anda.

Kedua, melalui pemrograman PHP, Anda juga dapat menambahkan logika tambahan atau tindakan lain berdasarkan versi PHP yang sedang berjalan. Misalnya, Anda dapat menampilkan pesan peringatan jika versi PHP yang digunakan adalah versi yang lebih lama atau tidak mendukung fitur tertentu.

Terakhir, melalui pemrograman PHP, Anda juga dapat memanfaatkan fungsi-fungsi lain yang disediakan oleh PHP untuk memeriksa informasi lain yang terkait dengan versi PHP atau situs web Anda secara keseluruhan.

Dalam artikel ini, kita telah membahas berbagai cara untuk melihat versi PHP yang sedang berjalan di server Anda. Dengan mengetahui versi PHP yang Anda gunakan, Anda dapat memastikan bahwa situs web Anda berjalan dengan baik dan aman. Jika Anda menggunakan versi PHP yang lebih lama, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memperbarui ke versi terbaru untuk mendapatkan kinerja dan keamanan yang lebih baik.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam melihat versi PHP yang sedang berjalan. Selamat mengembangkan situs web Anda!

Related video of Cara Melihat Versi PHP: Panduan Lengkap untuk Pemula