Bagaimana Cara Memeriksa Versi npm yang Terinstal Saat Ini

npm (Node Package Manager) adalah alat yang sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak dengan JavaScript. Dalam ekosistem JavaScript, npm digunakan untuk mengelola paket-paket yang digunakan dalam proyek-proyek. Jika Anda adalah seorang pengembang web atau aplikasi yang menggunakan npm, maka mengetahui versi npm yang terinstal saat ini di sistem Anda sangat penting. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai cara untuk memeriksa versi npm yang terinstal dengan mudah dan cepat.

Menggunakan Perintah “npm -v”

Salah satu cara termudah untuk memeriksa versi npm yang terinstal adalah dengan menggunakan perintah “npm -v” di terminal atau command prompt. Perintah ini akan memberikan Anda versi npm yang terinstal di sistem Anda. Cukup ketik perintah ini dan tekan Enter:

npm -v

Perintah ini akan menampilkan versi npm yang terinstal di sistem Anda. Jika npm belum terinstal, Anda akan menerima pesan kesalahan.

Contoh:

$ npm -v

6.14.8

Anda dapat menggunakan perintah ini pada sistem operasi apa pun, termasuk Windows, macOS, atau Linux. Ini adalah cara yang sangat sederhana dan cepat untuk memeriksa versi npm yang terinstal.

Menggunakan Perintah “npm version”

Perintah “npm version” juga dapat digunakan untuk memeriksa versi npm yang terinstal. Perintah ini memberikan informasi lebih rinci tentang versi npm dan paket-paket yang terkait.

Anda dapat menjalankan perintah “npm version” di terminal atau command prompt:

npm version

Perintah ini akan menampilkan versi npm dan informasi lainnya seperti versi Node.js yang terinstal dan daftar paket-paket yang terkait dengan npm.

Contoh:

$ npm version

{ npm: '6.14.8', node: '12.18.3', ... }

Dalam contoh di atas, versi npm yang terinstal adalah 6.14.8 dan versi Node.js adalah 12.18.3. Anda juga akan melihat informasi lainnya seperti versi paket-paket terkait yang terinstal di sistem Anda.

Mengecek Versi Npm dalam File package.json

Jika Anda bekerja pada proyek Node.js yang memiliki file package.json, Anda dapat memeriksa versi npm yang terinstal dengan membuka file tersebut. File package.json adalah file konfigurasi proyek yang berisi informasi tentang proyek dan dependensi yang digunakan.

Buka file package.json dalam editor teks atau IDE favorit Anda dan cari bagian “engines”. Di bawah bagian ini, Anda akan menemukan versi npm yang ditetapkan secara spesifik untuk proyek tersebut.

Contoh:

"engines": { "npm": "6.14.8" }

Pada contoh di atas, versi npm yang ditetapkan untuk proyek ini adalah 6.14.8. Jika versi npm yang terinstal di sistem Anda tidak sesuai dengan yang ditetapkan di file package.json, Anda mungkin perlu memperbarui versi npm.

Menampilkan Informasi Versi Npm yang Terinstal

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih rinci tentang versi npm yang terinstal, Anda dapat menggunakan perintah “npm info”. Perintah ini akan menampilkan informasi terperinci tentang versi npm yang terinstal seperti tanggal rilis, penulis, dan deskripsi.

Anda dapat menjalankan perintah berikut di terminal atau command prompt:

npm info npm

Perintah ini akan menampilkan informasi terperinci tentang versi npm yang terinstal di sistem Anda.

Contoh:

$ npm info npm

{ name: 'npm', 'dist-tags': { ... }, versions: { ... }, ... }

Dalam contoh di atas, Anda akan melihat informasi yang sangat lengkap tentang versi npm yang terinstal. Informasi ini mencakup nama paket, tag distribusi, daftar versi yang tersedia, dan banyak lagi.

Mengecek Log Perubahan Terbaru

Jika Anda ingin mengetahui perubahan terbaru pada versi npm yang terinstal, Anda dapat melihat log perubahan resmi npm. Log perubahan memberikan informasi tentang fitur baru, perbaikan bug, dan perubahan lainnya dalam setiap versi npm.

Anda dapat mengunjungi situs web resmi npm dan mencari halaman “changelog” untuk melihat log perubahan terbaru. Di halaman ini, cari versi npm yang terinstal saat ini dan baca perubahan yang terjadi pada versi tersebut.

Ini adalah cara yang bagus untuk tetap up-to-date dengan versi terbaru npm dan memanfaatkan fitur-fitur baru yang ditawarkan.

Memperbarui Versi Npm

Jika Anda menemukan bahwa versi npm yang terinstal sudah usang atau Anda ingin menggunakan versi terbaru, Anda dapat memperbarui npm ke versi yang lebih baru. Untuk memperbarui versi npm, Anda dapat menggunakan perintah “npm install -g npm” di terminal atau command prompt. Perintah ini akan memperbarui npm ke versi terbaru yang tersedia secara global di sistem Anda.

Contoh:

npm install -g npm

Perintah ini akan memperbarui npm ke versi terbaru yang tersedia. Setelah pembaruan selesai, Anda dapat memeriksa versi npm yang terinstal menggunakan perintah “npm -v”. Jika versi npm sekarang adalah yang terbaru, maka pembaruan telah berhasil dilakukan.

Menggunakan Manajer Versi Node.js

Jika Anda menggunakan manajer versi Node.js seperti nvm (Node Version Manager) atau n, Anda dapat beralih antara versi Node.js yang berbeda dan secara otomatis menggunakan versi npm yang terkait dengan setiap versi Node.js. Manajer versi Node.js memungkinkan Anda untuk mengelola beberapa versi Node.js yang berbeda di sistem Anda.

Anda dapat menggunakan perintah “nvm use” atau “n use” diikuti dengan nomor versi Node.js untuk beralih ke versi yang diinginkan dan menggunakan versi npm yang sesuai.

Contoh:

$ nvm use 12.18.3

$ n use 12.18.3

Dalam contoh di atas, kami menggunakan nvm untuk beralih ke versi Node.js 12.18.3. Setelah beralih, Anda dapat memeriksa versi npm yang terinstal menggunakan perintah “npm -v”. Pastikan untuk menggunakan versi Node.js yang sesuai dengan kebutuhan proyek Anda.

Menggunakan Visual Studio Code

Jika Anda menggunakan Visual Studio Code sebagai editor kode, Anda dapat memeriksa versi npm yang terinstal dengan mudah menggunakan panel terminal. Visual Studio Code menyediakan panel terminal yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah langsung di dalam editor.

Untuk memeriksa versi npm yang terinstal, buka panel terminal dengan mengeklik “View” di menu atas, kemudian pilih “Terminal” atau menggunakan pintasan keyboard seperti “Ctrl + `”. Setelah panel terminal terbuka, Anda dapat menjalankan perintah “npm -v” di dalamnya.

Perintah ini akan menampilkan versi npm yang terinstal di sistem Anda di panel terminal Visual Studio Code.

Menggunakan IDE atau Editor Kode Lainnya

Jika Anda menggunakan IDE atau editor kode selain Visual Studio Code, Anda masih dapat memeriksa versi npm yang terinstal dengan menggunakan terminal yang disediakan oleh IDE atau editor kode tersebut. Banyak IDE dan editor kode modern memiliki fiturterminal bawaan yang memungkinkan Anda menjalankan perintah langsung di dalamnya. Dengan menggunakan terminal ini, Anda dapat memeriksa versi npm yang terinstal dengan menjalankan perintah “npm -v”.

Untuk menggunakan terminal di dalam IDE atau editor kode, biasanya Anda dapat membuka terminal dengan mengklik menu “View” dan mencari opsi “Terminal” atau menggunakan pintasan keyboard yang disediakan. Setelah terminal terbuka, ketikkan perintah “npm -v” dan tekan Enter. Hasilnya akan ditampilkan di dalam terminal IDE atau editor kode yang Anda gunakan.

Pastikan untuk merujuk ke dokumentasi atau panduan penggunaan IDE atau editor kode Anda untuk mengetahui cara membuka dan menggunakan terminal di dalamnya. Setiap IDE atau editor kode mungkin memiliki cara yang sedikit berbeda dalam mengakses terminal, tetapi prinsip dasarnya sama.

Menggunakan Situs Web “npmjs.com”

Situs web resmi npm, npmjs.com, adalah sumber daya yang sangat berguna untuk mengeksplorasi dan mengetahui informasi tentang paket-paket JavaScript yang tersedia di npm. Pada situs web ini, Anda juga dapat memeriksa versi npm yang terinstal di sistem Anda.

Untuk memeriksa versi npm di situs web npmjs.com, kunjungi halaman paket npm dengan URL https://www.npmjs.com/package/npm. Di halaman ini, Anda akan melihat informasi tentang paket npm dan versi terbaru yang tersedia.

Anda juga akan melihat versi npm yang terinstal di sistem Anda dalam kotak informasi di sebelah kanan halaman. Jika versi yang terinstal adalah yang terbaru, maka Anda sudah menggunakan versi npm yang paling mutakhir.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan berbagai cara untuk memeriksa versi npm yang terinstal saat ini di sistem Anda. Dari perintah “npm -v” yang sederhana hingga menggunakan file package.json, log perubahan, dan situs web resmi npm. Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi Anda dan kebutuhan proyek Anda.

Mengetahui versi npm yang terinstal sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak dengan JavaScript. Dengan memastikan Anda memiliki versi npm yang kompatibel dengan proyek Anda dan memperbarui ke versi terbaru secara teratur, Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur terbaru dan memastikan stabilitas dan keamanan proyek Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memeriksa versi npm yang terinstal di sistem Anda!

Related video of Bagaimana Cara Memeriksa Versi npm yang Terinstal Saat Ini