Backlink Berkualitas; Ciri dan Kriteria

membuat backlink berkualitas

Backlink menjadi salah satu suplemen website agar naik di halaman teratas mesin pencari. Namun terkadang banyak di antaranya mungkin yang masih belum mengetahui dan hanya sekedar membuat link biasa saja. Padahal sebetulnya Jika anda ingin menaikkan ranking website ke halaman teratas dengan mudah dan cepat serta bertahan lama, syaratnya adalah di mana anda diharuskan untuk membuat atau mendapatkan Link yang berkualitas. Akan tetapi pastinya tentu banyak diantaranya yang belum mengetahui seperti apa ciri dan kriteria dari backlink berkualitas itu.

Kualitas dari Link yang kita tanam dan mengarah kepada website kita tentunya akan mempengaruhi seberapa bagus kenaikan peringkat di Google. Selain itu juga hal ini akan menjadi salah satu faktor penentu Seberapa lama website Anda bertahan di halaman pertama dan tidak mudah goyah oleh kompetitor lain. Maka dari itu reset backlink sebelum melakukan ‘backlinking’ jadi salah satu hal yang sangat penting dan wajib diperhatikan dengan baik.

mendapatkan backlink berkualitas

Dalam optimasi website, anda butuh backlink berkualitas. Tapi banyak yang masih belum paham seperti apa ciri dan kriteria backlink yang berkualitas itu

Mengenal Ciri dan Kriteria Backlink Berkualitas

Hal yang paling utama perlu diperhatikan sebetulnya adalah dimana ada harus memahami dan mengerti betul tentang beberapa ciri dan kriteria dari jasa backlink berkualitas. Para pemain SEO yang sudah profesional pasti sudah paham betul seperti apa dan bagaimana ciri dari backlink yang berkualitas itu karena sudah dilakukan beberapa proses percobaan atau testing. Sementara bagi para pemula sebaiknya coba banyak belajar dan cari tahu dari mereka yang sudah berpengalaman.

Dari beberapa informasi yang didapat menurut mereka yang sudah profesional dan berpengalaman tentang backlink, ada beberapa ciri dan kriteria yang harus diperhatikan. Adapun beberapa ciri tersebut misalnya meliputi sebagai berikut:

1) Quality Source of backlink

Sumber situs pemberi backlink adalah salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan. Artinya memang paling itu berasal atau bersumber dari situs atau website atau private blog Network yang memang memiliki kualitas bagus. Bisa dikatakan bahwa rumusnya adalah “quality source = quality backlink”. Jadi kalau dalam bahasa Indonesia bisa diartikan bahwa sumber backlink yang berkualitas akan menghasilkan backlink yang berkualitas pula. Lalu seperti apa sumber benih yang berkualitas itu?

  • memiliki DA/PA yang tinggi
  • memiliki TF/CF yang tinggi
  • memiliki spam score yang rendah
  • sumber backlink bertrafik

2) Tipe Backlink Kontekstual

Selanjutnya juga hal yang harus diketahui bahwa backlink yang berkualitas itu memang haruslah memiliki tipe yang kontekstual. Tipe backlink kontekstual adalah salah satu yang dianggap memiliki nilai cukup tinggi di mata Google atau mesin pencari. Dengan demikian tentunya pihak robot Google akan menilai backlink tersebut sebagai salah satu yang memiliki nilai tinggi dan layak diberikan pengaruh pada website yang diberikan link tersebut. Adapun yang dimaksud dengan backlink kontekstual adalah backlink yang tertanam di dalam konten tulisan atau artikel dengan menggunakan anchor text.

membuat backlink berkualitas

3) Backlink tipe dofollow

Ada dua tipe backlink di dalam dunia yakni Apa yang disebut dengan backlink nofollow dengan backlink dofollow. Keduanya tentu memiliki perbedaan di mana jika Anda menggunakan backlink nofollow, maka backlink tersebut tidak akan memiliki pengaruh apapun di mata pencari untuk menaikkan ranking di serp. Akan tetapi jika Anda menggunakan jenis backlink dofollow, tentunya itu akan sangat berpengaruh karena akan dilihat sebagai nilai oleh mesin robot Google untuk menaikkan ranking.

4) Relevansi backlink

Kualitas backlink selanjutnya adalah dilihat dari segi relevansi. Google akan menilai tinggi backlink yang memiliki relevansi cukup tinggi. Apa yang dimaksud dengan relevansi? Jadi begini.. Kalau misalkan website yang akan dikasih backlink itu tentang produk diet misalnya, maka kemudian sumber backlink yang bagus itu adalah website yang membahas tentang diet atau seputar kesehatan.

Jadi dari beberapa penjelasan di atas dapat dipahami tentang Seperti apa dan bagaimana backlink yang berkualitas bisa kita dapat dan buat. Ada baiknya memang memperhatikan beberapa hal tersebut jika kemudian Anda mau memberikan suplemen backlink berkualitas untuk Website anda. Anda bisa membangun nya sendiri ataupun juga dengan memesan jasa backlink pada jasa yang profesional dan berpengalaman.